Tuesday , October 26 2021
Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa Pelajar

6 Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa Biar Tidak Salah

Ketika sudah memasuki dunia perkuliahan, tentunya Anda membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Begitu juga dengan para pelajar yag telah memasuki bangku sekolah, baik itu SD, SMP, dan SMK atau SMA sederajat. Pada umumnya, kebanyakan orang, termasuk para pelajar atau mahasiswa mencari laptop harga murah dengan spesifikasi yang mumpuni.

Banyaknya varian laptop yang tersebar di pasaran, baik toko offline maupun toko online membuat sebagian orang bingung untuk memilih laptop apa yang cocok untuknya. Anda harus memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan, misalkan untuk gaming atau design.

Sedangkan untuk mahasiswa atau pelajar, biasanya menggunakan laptop untuk belajar, mengerjakan tugas, berinternet, dan juga menikmati hiburan musik dan film. Setiap mahasiwa juga mempunyai kebutuhannya masing-masing, menyesuaikan dengan jurusan yang sedang ditekuninya.

Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa

Lantas laptop seperti apa yang cocok untuk mahasiswa dan pelajar? Berikut in kami akan mencoba membatu Anda untuk memilih laptop sesuai kebutuhan sebagai seorang mahasiswa atau pelajar.

1. Pastikan Bergaransi Resmi

Garansi merupakan salah satu hal penting yang wajib Anda perhatikan ketika membeli barang, termasuk laptop. Pasalnya ketika ada permasalah pada laptop tersebut, dan masih dalam masa garansi, Anda dapa mengeklaimnya ke toko tempat Anda membelinya (dengan catatan tidak kesalahan pemakaian).

Pastikan juga jika garansi laptop tersbut remsi, agar nantinya mudah untuk mengurus atau ketika mengeklaim garansi. Untuk mendapatkan garansi resmi, Anda hanya perlu membeli laptop di toko distributor resmi atau toko yang telah bekerjasama dengan brand tersebut, atau juga Anda bisa membeli di official store dari brand tersebut.

2. Sesuaikan Budget

Sebelum membeli laptop, maka Anda harus memperhatikan budget sesuai kemampuan Anda. Mengingat setiap ingin membeli sesuatu, pasti budget menjadi permasalahan utama. Maka dari itu, Anda harus lebih bijak dalam memilih.

Jika Anda seorang pelajar atau mahasiswa yang memerlukan laptop untuk pekerjaan ringan seperti menjalankan software Microsoft, laptop dengan harga 3 sampai 4 jutaan sudah cukup bagus untuk mengerjakan tugas Anda.

3. Pilih Spesifikasi Sesuai Kebutuhan

Sesuaikan dengan kebutuhan pelajaran Anda, misalkan saja jika Anda seorang pelajar SD, SMP dan SMA atau mahasiswa dengan bidang studi yang tidak memerlukan teknik khusus, seperti jurusan sastra atau ilmu sosial. Maka Anda hanya cukup dengan laptop yang memiliki spesifikasi untuk karya tulis, browsing informasi, membuat presentasi, dan memutar lagu atau video sebagai hiburan,

4. Bagus untuk Multitasking

Dalam mencari laptop untuk pelajar, ada baiknya jika Anda memilih laptop yang kuat untuk multitasking. Bagi Anda yang belum tau apa itu multitasking, simak penjelasan berikut ini.

Multitasking adalah keterampilan dalam mengerjakan beberapa aktivitas atau pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Contohnya, ketika Anda sedang mengerjakan tugas menggunakan microsoft word sekaligus ingin memutar lagu. suapaya task tersebut bisa berjalan lancar, maka Anda membutuhkan laptop dengan kemampuan multitasking yang baik.

5. Desain Laptop

Selain spesifikasi yang mumpuni, tentu penampilan atau body darin perangkat tersebut juga harus yang bagus dan trendi, apalagi pemakainya adalah anak muda. Jika memiliki desain yang bagus, maka Anda tidak akan malu saat membawanya keleuar untuk mengerjakan tugas.

Pilihlah sesuai dengan stylemu, ada banyak sekali brand atau merk laptop terkenal yang menawarkan desain kece, seperti Macbook Pro, ASUS Zenbook, Xiaomi Notebook Air, Microsoft Surface, dan masih banyak lagi.

6. Pilih yang Sudah Pre-Installed Windows

Sebaiknya Anda memilih laptop yang telah disematkan sistem operasi Windows original bawaan dari pabrik. Tentu hal ini akan menguntungkan, pasalnya harga Windows original cukup mahal. Jadi, Anda harus mencari laptop yang sudah pre-installed Windowsnya.

Alangkah baiknya jika Anda menghindari penggunaan Windows bajakan. Pasalnya akan banyak resiko yang akan mengintaimu seperti muncul pesan mengganggu dari Windows, minim keamanan, sampai fitur pada laptop tidak dapat bekerja secara maksimal.