Tuesday , October 26 2021
Cara Memulai Usaha Pangkas Rambut

Cara Memulai Usaha Pangkas Rambut dan Modalnya

Berapa modal buka usaha pangkas rambut? Untuk anda untuk anda potensi bisnis sektor jasa potong rambut termasuk salah satu jenis usaha yang banyak peminatnya. Usaha pangkas rambut sangatlah menguntungkan selama pelanggan ada yang datang setiap hari. Potong rambut merupakan salah satu jenis yang merupakan kebutuhan banyak orang.

Potensi bisnis barbershop cukup tinggi selama Manusia masih hidup di bumi. Model potong rambut juga semakin beragam dan setiap orang mempunyai keinginan untuk merubah potongan rambutnya.

Cara Memulai Usaha Pangkas Rambut

Untuk Anda yang mempunyai lahan kosong atau mempunyai dana lebih bisa mencoba memulai usaha pangkas rambut dengan beberapa tips berikut ini.

1. Update model potongan rambut

Tips pertama sebelum anda membuka barbershop yaitu melihat perkembangan gaya rambut saat ini. Awalnya ketika dulu populer trend rambut gaya seperti demimor model poni dan batok mungkin saat ini Sudah booming model gaya rambut seperti Ronaldo, Neymar maupun artis aktor dari Korea.

Anda harus mengikuti perkembangan model rambut terbaru supaya kawula muda mengikuti gaya rambut para idola. Mengikuti minat dan keinginan konsumen adalah salah satu kunci di mana bisnis pangkas rambut Anda menuai banyak pelanggan.

2. Harga

Kebanyakan orang ingin memotong rambutnya yaitu mendapatkan hasil yang diinginkan namun mempunyai harga yang pas di kantong. Selain kualitas potongan yang rapi dan bagus ada beberapa pengalaman yang mungkin dapat dijadikan pelajaran bagi pemilih barbershop.

Ketika pelanggan pangkas rambut mempunyai anak dan direkomendasikan tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik pangkas rambut. Mungkin pelanggan merekomendasikan Karena harganya cukup sesuai dengan yang ada di kantong. Saat orang tersebut merekomendasikan kepada saudara anak teman maupun keluarga akan menjadi keuntungan tersendiri karena hasil potongan rambut bagus, murah dan fasilitas yang lengkap.

3. Lokasi strategis

Untuk memulai bisnis lokasi sangatlah penting, begitu pula dengan usaha pangkas rambut sebaiknya memilih lokasi usaha yang strategis supaya pelanggan mudah mengakses dan datang dengan mudah. Tips untuk Anda yang ingin membuka usaha potong rambut sebaiknya berada di pusat keramaian, di pinggir jalan atau dekat minimarket.

4. Fasilitas tunggu nyaman

Kebanyakan para pengusaha pangkas rambut saat ini tidak memperhatikan fasilitas para konsumen seperti tempat tunggu. Padahal para konsumen ingin merasakan kenyamanan di mana saat menunggu antrian merasa santai.

Beberapa fasilitas yang mungkin bisa membuat konsumen merasa nyaman yaitu para pemilik menyediakan buku majalah wi-fi gratis maupun televisi atau radio supaya konsumen tidak merasa jenuh.

Modal Usaha Pangkas Rambut atau Barbershop

Berikut adalah estimasi sebelum membuka usaha pangkas rambut untuk membeli peralatan dan biaya gaji karyawan.

Beli Peralatan dan Perlengkapan

  • Perangkat alat cukur rambut @ Rp 1.500.000, silahkan cek disini
  • Kursi pangkas rambut 2 set @ Rp 2.000.000
  • Cermin depan ukuran 3 x 1 meter @ Rp 600.000
  • Cermin belakang ukuran 3 x ½ meter @ Rp 300.000
  • Cermin belakang bulat 2 buah @ Rp 200.000
  • Meja rias 2 buah @ Rp Rp 1.000.000
  • Kursi antrian panjang @ Rp 300.000
  • Perlengkapan tambahan @ Rp 500.000

Total biaya sebesar : Rp 6.400.000

Biaya Operasional

  • Gaji 1 karyawan @ Rp 2.000.000
  • Listrik dan air @ Rp 400.000
  • Sabun @ Rp 10.000
  • Bedak bayi @ Rp 30.000
  • Minyak pelumas @ Rp 20.000

Total biaya operasional bulanan : Rp 2.460.000

Berarti modal awal untuk memulai usaha pangkas rambut adalah

(sewa dan renovasi + membeli peralatan + biaya operasional)

Rp 12.000.000 + Rp 6.400.000 + Rp 2.460.000 = Rp 20.860.000

Itulah taksiran modal usaha usaha pangkas rambut mencakup sewa, beli peralatan dan biaya operasionalnya. Namun, hal tersebut dapat diakali dengan memulai usaha dari nol seperti tanpa menggunakan karyawan, menggunakan rumah sendiri maka bisa lebih sedikit mengeluarkan modal.