Tuesday , October 26 2021
Cara Mengajari Anak Belajar Menulis yang Baik dan Benar

Cara Mengajari Anak Belajar Menulis yang Baik dan Benar

Cara megajari anak menulis dengan lancar di usia dini memang bukanlah perkara mudah. Banyak sekali ketentuan hal yang harus diperhatikan agar bisa membuatnya belajar dengan cepat. Kenapa harus mengjarkan anak untuk menulis, karena salah satu tahapan tumbuh kembang yang harus dilewati anak adalah lancar membaca dan menulis.

Ada sebagai orang tua sangat khawatir jika anaknya tidak kunjung bisa membaca atau menulis. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan, jika anda sebagai orang tua dapat mengajari si kecil dengan tepat dan benar. Sekarang ini sudah banyak cara yang bisa dicoba didukung dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

Rata-rata pada usia 3-4 tahun anak harus bisa mulai mengasah kemampuan motorik halusnya yang akan dibutuhkan ketika mulai belajar menulis (pre-writing skills). Cara mengasahnya dengan mengajari si kecil dengan belajar menarik garis, menggambar lingkaran,dan menghubungkan titik-titik. Mewarnai juga menunjang perkembangan keterampilan ini.

Cara Mengajari Anak Belajar Menulis

Mengajari anak belajar menulis bisa dikatakan susah bisa juga dikatakan mudah, tergantung bagaimana orang tua cara mengajarinya. Berikut ini telah hadirkan tips mengajari anak menulis dengan tepat dan cepat.

1. Sediakan Alat

Pasti semua juga sudah mengetahui jika dunia anak kecil sangat lekat sekali dengan peralatan yang punya variasi warna. Sebisa mungkin sediakan alat peraga yang punya variasi warna cerah dan menarik perhatiannya. Begitu juga ketika akan mulai memberikan pembelajaran tentang menulis.Begitu juga ketika akan mulai memberikan pembelajaran tentang menulis. Begitu juga ketika akan mulai memberikan pembelajaran tentang menulis, lakukan semenarik mungkin dan tentunya harus menyenangkan.

2. Menulis dengan Menebalkan

Salah satu mengenalkan huruf kepada anak bisa dilakukan dengan metode menulis dengan menebalkan. Metode ini disebut dengan trace the dot, cara ini akan membantu anak agar mudah mengenali huruf dari bentuk kapital maupun kecil.

3. Menulis dengan Bermain Suku Kata

Tips selanjutkan bisa dilakukan dengan mengajarkan anak agar bisa menulis juga semakin menyenangkan jika ada variasi permainan yang membuatnya tertarik. Orang tua juga bisa coba kombinasikan dengan mengajaknya bermain suku kata. Mulai dari topik yang dia suka, misalnya permainan dan ke hal kecil lainnya.

4. Ajak Anak Berkomunikasi

Sering mengajak anak untuk berkomunikasi juga merupakan kunci keberhasilan dalam mengajari anak belajar menulis.Selain itu sering mengajaknya berbincang juga akan memberikan tambahan stimulasi kosa kata ke memori anak. Seringlah bertanya apakah ada kesulitan dalam tahap proses belajar menulisnya.

5. Dampingi dengan Penuh Kesabaran

Buatlah si kecil merasa senang dan nyaman jika sedang belajar memulis bersama anda. Hal ini akan membuat si kecil akan fokus dalam belajarnya. Dibutuhkan usaha besar dan kesabaran agar anak mau menuruti perintah yang diberikan orang tua maupun gurunya.

Setiap anak memiliki daya tangkap masing-masing yang tentnya tidak akan sama, jadi ini tugas para orangtua dampingi anak dengan penuh kesabaran dan jangan sampai membuat anak anda tertekan dan berpikir terlalu berat. Buatlah hal-hal yang menyenangkan agar si anak betah dan selalu bersemangat dalam berlajarnya.