Tuesday , October 26 2021

Manfaat Jahe Untuk Memperkuat Sistem Imun Pada Tubuh

Jahe di Indonesia sangat mudah ditemukan dan dibudidayakan Salah satu tanaman rimpang yang sangat populer ini adalah salah satu rempah-rempah yang sangat dibutuhkan oleh eh ibu-ibu untuk memasak. Disamping sebagai bumbu dapur jahe juga berguna sebagai obat berbagai penyakit.

Cara membudidayakan juga sangat mudah, cukup menanam satu tunas jahe pada mesimnya dan dapat dipanen sekitar 8 sampai 1 tahun kemudian.

Biasanya terkandung dalam masakan jawa masakan Padang maupun masakan lainnya. Saat ini sudah ada dalam bentuk kemasan baik itu sebagai bumbu dapur maupun sebagai minuman herbal.

Ada dua jenis cara yang paling populer yaitu jahe putih dan jahe merah jahe merah banyak mengandung minyak atsiri dan lebih tinggi dibanding jahe putih ada sebab itu aroma yang dikeluarkan jahe merah dan rasa pedas jauh lebih tinggi.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Selain mengatasi pencernaan seperti sembelit dan maag, jahe juga dapat mengatasi hipertensi, diabetes melitus maupun muntah. Berikut adalah beberapa manfaat jahe yang jarang di ketahui banyak orang.

1. Anti-penuaan dan kanker

Jahe menurut beberapa penelitian mempunyai sifat antiinflamasi dan antioksidan yang mampu mengendalikan proses penuaan. Manfaat lainnya yaitu mampu mengobati penyakit menular karena memiliki potensi antimikroba.

2. Redakan nyeri haid

Bagi Anda yang sedang mengalami menstruasi mengkonsumsi air jahe secara rutin dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Cahaya dikonsumsi dalam keadaan langit menurut penelitian dapat meredakan nyeri menstruasi yang diderita pada wanita.

Untuk mendapatkan manfaat jahe meredakan nyeri pada menstruasi cobalah mengonsumsi air jahe setidaknya 4 gelas. Efek yang ditimbulkan menyedu air jahe mampu memberikan dan menenangkan dari nyeri saat menstruasi.

3. Menurunkan glukosa darah hingga kolesterol

Menurut sebuah penelitian dari US national library of medicine national institutes of health menyebutkan bahwa khasiat jahe jika rutin dikonsumsi mampu menurunkan glukosa darah secara signifikan. Disamping itu mengkonsumsi jahe mampu menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat) sekaligus mampu meningkatkan HDL ( lemak baik).

4. Memperkuat sistem imun

Jahe yang mengandung vitamin c dan magnesium mampu menjaga tubuh tetap prima dan memperkuat sistem imun. Kandungan Line yang terdapat pada jahe yaitu kandungan shogaols, gingerols, zingerones yang berfungsi sebagai antioksidan pada tubuh.

5. Menangkal infeksi bakteri dan virus

Manfaat jahe yang selanjutnya adalah membantu dan menangkal infeksi bakteri dan virus yang datang dari luar. Adanya kandungan gingerol yang ada pada jahe mampu menghindarkan kita dari infeksi bakteri.

Seperti yang kita sebutkan di atas bahwa jahe dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh sehingga dapat mencegah kerusakan DNA dan stress yang sering dialami. Apabila kita mengalami pilek atau flu atasi juga dengan mengonsumsi air jahe hangat.