Tuesday , October 26 2021
Penyebab Motor Brebet Cara Mengatasi

Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya

Ketahui beberapa kerusakan motor sederhana dengan mengecek beberapa penyebabnya tanpa harus pergi ke bengkel. Motor yang sering dipakai, jarang diservis dan kurang perawatan akan menimbulkan kerusakan. Komponen motor yang sudah lawas atau lama memerlukan penggantian supaya motor Anda berjalan dengan lancar.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik kendaraan yaitu motor brebet saat di gas. Untuk mengetahui saat motor “brebet” atau tidak dengan cara memutar gas saat memanaskan motor. Jika motor kesayangan anda brebet atau gas nyendak akan mengganggu saat ingin menyalip kendaraan lain. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Banyak orang tidak menghiraukan hal tersebut, apabila gejala brebet tidak segera diatasi berdampak pada kerusakan komponen mesin. Dan biasanya Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan perbaikan.

Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa penyebab motor brebet secara umum  yang perlu anda ketahui.

1. Bahan Bakar

Permasalahan pertama penyebab motor nyendat dapat datang saat tidak menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai. Setiap motor dikeluarkan pabrikan memiliki standar bahan bakar masing-masing. Kebanyakan orang memilih bahan bakar dengan harga yang lebih murah sebagai alasannya.

Akibat penggunaan BBM yang tidak standar ar-rahmat membuat knocking pada mesin berdampak brebet. Selain itu bahan bakar yang tidak sesuai dengan buku panduan mempengaruhi masalah kompresi mesin.

Kebanyakan motor baru menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 supaya pembakaran yang dihasilkan mesin lebih sempurna. Solusi mengatasi hal ini yakni mengganti kualitas bensin rendah dengan kwalitas yang baru

2. Filter udara kotor

Penyebab motor nyendat atau brebet yang kedua bisa datang karena filter motor yang digunakan dalam jangan waktu lama dan jarang di servis. Debu motor maupun kotoran yang menempel ada filter mengakibatkan udara yang masuk berkurang karena filter mengalami mampet.

Sebaiknya anda melakukan servis rutin seperti membersihkan filter udara. Selain itu lakukan penggantian secara berkala supaya motor Anda dapat berjalan dengan lancar.

Cara terbaik mengganti filter dapat diketahui dengan lama pemakaian dan lokasi penggunaan motor tersebut. Bagi Anda yang tinggal di area perkotaan bisa jadi filter udara akan cepat lebih kotor. Namun jika anda berada di pedesaan yang jauh dengan debu dan polusi bisa lebih lama untuk mengganti filter motor Anda. Jika filter udara bersih maka pembakaran dalam mesin akan lebih baik.

3. Sensor injeksi

Hal ini terjadi pada motor injeksi penyebab motor mbrebet dapat disebabkan oleh komponen injektor nya. Jika komponen penting ini rusak, sudah pasti kegiatan anda akan terganggu. Penyebab injeksi motor rusak bisa datang karena menggunakan bahan bakar yang tidak tepat.

Kerusakan ini dipengaruhi juga karena jarangnya service. Sebaiknya Anda perlu melakukan servis rutin supaya injector dibersihkan dengan alat khusus. Jika mesin Anda brebet bisa jadi sensor injeksi rusak atau kotor.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya melakukan service rutin di bengkel resmi sehingga injeksi motor bisa segera dibersihkan dan apabila mengalami kerusakan dapat diganti dengan yang baru. Dan jangan lupa untuk menggunakan jenis bahan bakar sesuai dengan buku panduan.

4. Tangki bahan bakar kemasukan air

Apabila tangki bahan bakar kemasukan air menyebabkan motor bisa tidak menyala atau brebet. Air yang masuk ke tangki bahan bakar akan mengganggu pembakaran.

Biasanya air yang masuk ke tangki bahan bakar terjadi saat pencucian motor atau membeli bensin eceran. Atau bisa jadi Anda membeli bensin eceran saat kondisi sedang hujan.

Cara mengatasi hal ini cukup dengan menguras tangki bensin dan menggantinya dengan yang baru. Selain itu kuras bensin pada filter anda dan bersihkan juga kotoran yang sudah lama mengendap pada tangki bensin tersebut.